JudulPENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI SARANA VISUALISASI KONSEP ABSTRAK IPAS TEMA MENGENAL BUMI KITA |
Nama: FITRIANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Fitriani, 2025, Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Sebagai Sarana Visualisasi Konsep Abstrak IPAS Tema Mengenal Bumi Kita Siswa Kelas V SD Negeri Lasoani, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing I Dr. Zulnuraini, S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing II Nurul Kamisani, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) sebagai sarana visualisasi konsep abstrak pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dengan tema “Mengenal Bumi Kita” untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh kesulitan siswa dalam memahami konsep abstrak IPAS dan keterbatasan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation), dengan pelaksanaan hingga tahap evaluasi formatif. Produk yang dikembangkan berupa modul cetak dan digital yang dilengkapi dengan marker 3D menggunakan aplikasi Assemblr Edu, sehingga dapat divisualisasikan melalui smartphone. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor 95%, ahli media 99%, dan pengguna (guru) sebesar 96% yang seluruhnya berada pada kategori “sangat valid”. Uji coba terbatas terhadap 25 siswa menunjukkan respon sangat positif dengan persentase keterbacaan sebesar 90%. Modul ini dinilai mampu meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi “Mengenal Bumi Kita” dengan visualisasi konsep yang interaktif dan menarik. Dengan demikian, modul pembelajaran berbasis Augmented Reality ini layak digunakan sebagai media pembelajaran inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Kata kunci : ADDIE; Pengembangan; Modul; AR; Visualisasi; IPAS |