Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI LASOANI
Nama: APRILIA MONICA S. PONTOH
Tahun: 2025
Abstrak
Aprilia Monica S. Pontoh, 2025. Judul Skripsi: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Negeri Lasoani. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing I Dr. Zulnuraini, S.Pd.,M.Pd, dan Pembimbing II Nurul Kami Sani, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas dua pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi angket minat belajar siswa berbentuk pertanyaan ya/tidak serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Model TGT diterapkan melalui lima tahapan utama, yaitu presentasi kelas, belajar kelompok, permainan, turnamen, dan pemberian penghargaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Aktivitas guru meningkat dari 85,3% pada siklus I menjadi 97,1% pada siklus II, sedangkan aktivitas siswa meningkat dari 82% menjadi 97%. Rata-rata minat belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 50,8% pada siklus I menjadi 83% pada siklus II. Peningkatan terjadi pada seluruh indikator minat belajar, yaitu perhatian, kesenangan, rasa ingin tahu, dan partisipasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa model TGT efektif dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, dan berpusat pada siswa, serta mampu meningkatkan keterlibatan emosional dan partisipasi aktif siswa. Oleh karena itu, model TGT direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan minat belajar di jenjang pendidikan dasar. Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Minat Belajar Siswa, IPAS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up