Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Siswa Kelas IV Sd Al-Khairaat 2 Palu
Nama: AYU KRISMA YANTI
Tahun: 2025
Abstrak
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang memberikan kebebasan dan fleksibelitas yang lebih besar kepada satuan pendidikan dan guru dalam mengelola pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar siswa kelas IV SD Al-Khairaat 2 Palu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian Guru kelas IV dan siswa Kelas IV. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa lembar observasi guru dan lembar wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar siswa kelas IV SD Al-Khairaat 2 Palu muncul dalam enam indikator penting yakni: Pemahaman guru terhadap implementasi kurikulum merdeka, desainer pembelajaran yang fleksibel, Pendamping dalam proses pembelajaran dan diferensiasi, fasilitator pembelajaran, kreativitas dan inovasi, evaluator dan asesmen perkembangan peserta didik. Dari keenam indikator tersebut terdapat 25 elemen sub indikator didalamnya, Dalam hal ini guru telah mampu menjalankan 24 sub elemen dari 25 sub elemen indikator peran guru dalam implementasi kurikulum merdeka belajar dan 1 sub elemen indikator guru sebagai fasilitator yang belum optimal dijalankan karena kurangnya sarana dan prasarana sekolah untuk pelaksanaan pembelajaran. Peran guru dalam implementasi kurikulum merdeka sangat krusial dalam keberhasilan penerapan kurikulum merdeka tersebut. Guru tidak hanya berperan sebagai fasilitator pembelajaran, tetapi juga sebagai perancang pembelajaran yang kreatif, pendamping atau pembimbing dalam pengembangan karakter siswa. Implementasi Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk lebih fleksibel, inovatif, dan mampu menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan potensi siswa secara individual. Dalam pelaksanaannya, guru telah menunjukkan berbagai inisiatif dalam menyusun modul ajar, menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, serta melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru sangat menentukan keberhasilan dalam implementasi kurikulum merdeka belajar dan menjadi kunci dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna dan berpusat kepada siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up