Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK FOUR-TIER CERTAINTY OF RESPONSE INDEX : STUDI EKSPLORASI PADA SISWA SD KRISTEN BK PALU
Nama: YOEL CHRISNAJAYA PENGEU
Tahun: 2025
Abstrak
Abstrak Yoel Chrisnajaya Pengeu, 2025. “Identifikasi Miskonsepsi Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang Dengan Menggunakan Teknik Four-Tier Certainty of Response Index : Studi Eksplorasi Pada Siswa SD Kristen BK Palu”. Kesalahan konsep dalam pembelajaran matematika, khususnya pada geometri datar dan geometri ruang, dapat menghambat pemahaman konseptual siswa dan berdampak pada kesulitan belajar mereka di tingkat yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat miskonsepsi di antara siswa sekolah dasar dalam memahami konsep geometri datar dan ruang dengan menggunakan Four-Tier Certainty of Response Index (FT-CRI). Metode penelitian yang digunakan adalah studi eksploratif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 47 siswa dari SD BK Kristen Palu. Data dikumpulkan melalui tes diagnostik berbasis FT-CRI, yang mengukur pemahaman konsep, tingkat kepercayaan diri, dan miskonsepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat miskonsepsi siswa adalah 10,15%, yang dikategorikan sebagai rendah. Namun, terdapat satu indikator dengan tingkat miskonsepsi sedang pada soal nomor 7 (36,17%), sementara beberapa soal lainnya menunjukkan tingkat miskonsepsi yang rendah, seperti soal nomor 11 (12,77%), soal nomor 13 (10,64%), dan soal nomor 14 (14,89%). Meskipun pemahaman siswa secara keseluruhan tergolong baik, diperlukan strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk mengurangi miskonsepsi. Oleh karena itu, disarankan agar guru menerapkan metode pembelajaran yang lebih kontekstual, menggunakan media konkret, serta mendorong diskusi dan refleksi. Studi ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan metode asesmen berbasis miskonsepsi dalam pendidikan matematika di tingkat sekolah dasar. Kata Kunci : Miskonsepsi, Bangun Datar, Bangun Ruang, Four-Tier Certainty of Response Index, Pembelajaran Matematika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up