Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS V SD INPRES BERINGIN JAYA KECAMATAN BOLANO KABUPATEN PARIGI MOUTONG
Nama: ULFIA NABILA
Tahun: 2025
Abstrak
Ulfia Nabila, 2025. Implementasi Model Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Pada Siswa Kelas V Sd Inpres Beringin Jaya. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I: Juraid dan Pembimbing II: Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS melalui Implementasi model kontekstual di SD Inpres Beringin Jaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara bersiklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Beringin Jaya sebanyak 25 siswa. Instrument dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, yang menunjukan peningkatan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari analisis hasil belajar siswa serta hasil observasi kegiatan guru dan siswa. Pada siklus I presentase rata-rata 68,6?n ketuntasan belajar klasikal 64% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan presentase rata-rata 83,6?n ketuntasan belajar klasikal 88%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V SD Inprse Beringin Jaya. Kata Kunci: Model Kontekstual, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPAS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up