JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN INPRES 1 LOLU |
Nama: SITI NURHALIZAH.A |
Tahun: 2025 |
Abstrak Siti Nurhalizah.A, 2025, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN Inpres 1 Lolu”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Nurul Fitriah Aras (2) Sinta Satria Dewi Pendit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN Inpres 1 Lolu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment Research) dengan menggunakan desain Nonequivalent (Pretest dan Posttest) Control Grup Design yaitu membandingkan dua kelompok siswa. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang akan dibandingkan, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 46 siswa, yang terdiri atas 23 siswa kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran video animasi dan 23 siswa kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Alat pengumpulan data yang digunakan seperti tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen sebesar 40,54, sedangkan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol sebesar 41,12. Setelah perlakuan, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen meningkat menjadi 81,99, sementara kelas kontrol hanya mencapai 60,54. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar IPAS siswa . Hal ini Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN inpres 1 Lolu. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Animasi, Hasil Belajar, Mapel IPAS, Siswa SD. |