JudulP E N G A R U H M O D E L P E M B E L A J A R A N T E A M ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD INPRES 1 KAWATUNA |
Nama: HIJRAH MUHRIANI.B.LAMANDO |
Tahun: 2025 |
Abstrak Hijrah Muhriani B.Lamando, 2025. Judul skripsi: Pengaruh Model Pembelajaran Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPAS SD Inpres 1 Kawatuna. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing I Nurul Fitriah Aras, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Sinta Satria Dewi Pendit, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Pengaruh Model Pembelajaran Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPAS SD Inpres 1 Kawatuna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV ajaran 2024/2025 berjumlah 28 orang. Sempel yang digunakan yaitu Kelas IV SD Inpres 1 Kawatuna yang berjumlah 28 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik penarikan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes dan observasi. Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan infirensial. Dengan hasil yang di peroleh nilai rata-rata pretest yaitu 54. dan nilai rata-rata posttest yaitu 93 Berdasarkan hasil penelitian mengenai Pengaruh Model Pembelajaran Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPAS SD Inpres 1 Kawatuna peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPAS SD Inpres 1 Kawatuna. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan menggunakan jasa computer SPSS versi 25 dimana nilai sig (2-tailed)= 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis Ho ditolak dan menerima Ha artinya terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPAS SD Inpres 1 Kawatuna. Kata Kunci: Model Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar, IPAS |