JudulEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDN 26 PALU |
Nama: TRI WAHYU WIJAYANTI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Tri Wahyu Wijayanti, 2025. Judul Skripsi: Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV SDN 26 PALU. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing I Nurul Fitriah Aras dan Pembimbing II Sinta Satria Dewi Pendit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV SDN 26 PALU. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan design experimen pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-postest design. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV SDN 26 PALU yang berjumlah 20 siswa. Pengambilan sampel mengunakan teknik pengumpulan data menggunakan uji tes soal pilihan ganda, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan infirensial. Hasil nilai rata-rata pretest yaitu 43,35 dan nilai rata-rata Posstest yaitu 86,20. Pada penelitian menggunakan instrument penelitian berupa tes soal pilihan ganda (PG) dan pengambilan data menggunakan instrument penelitian, analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji deskriptif, serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independen Sampel T-test berbantuan SPSS For Windows versi 29.Berdasarkan hasil penelitian ditunjukkan oleh perhitungan menggunakan jasa computer SPSS versi 29 dimana nilai sig (2-tailed)= 0,001 <0,05 sehingga hipotesis HO ditolak dan menerima Ha artinya terdapat pengaruh Efektivitas Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV SDN 26 PALU. Kata kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan berpikir kritis, mata pelajaran IPAS, Siswa SD |