JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM (FC) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPS SISWA KELAS IV DI SDN 8 RIO PAKAVA |
Nama: ALAM FIRDAUS |
Tahun: 2025 |
Abstrak Alam Firdaus, 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom (FC) Terhadap Pemahaman Konsep IPS Siswa Kelas IV di SDN 8 Rio Pakava”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nurul Fitriah Aras dan Sinta Satria Dewi Pendit Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom (FC) terhadap pemahaman konsep IPS siswa kelas IV di SDN 8 Rio Pakava. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen desain dengan desain penelitian Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 8 Rio Pakava yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV A dan IV B yang berjumlah 55 orang. Pada penelitian menggunakan intrumen penelitian berupa tes soal pilihan ganda (PG) dan pengambilan data menggunakan instrumen penelitian tes soal pilihan ganda, analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independen Sampel T-test berbantuan SPSS For Windows versi 30. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi 0,697 > 0,05 maka hipotesis diterima Ha dan Ho ditolak, artinya penggunaan model pembelajaran Flipped Classroom (FC) berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep IPS siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom (FC) berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPS siswa kelas IV di SDN 8 Rio Pakava. Kata kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom (FC), Pemahaman Konsep IPS, Mata Pelajaran IPAS, Siswa SD. |