| JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPAS DENGAN MENGGUAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS V SDN BIRO |
| Nama: MARIA OKTAFIANI SERAFIKA |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Maria Oktafiani Serafika, 2025. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPAS Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Kelas V SDN Biro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah dan Sisriawan Lapasere. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki dua siklus dan empat tahap, yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Obsevasi, (d) Refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar. Upaya pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPAS iswa Kelas V SDN Biro. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Biro yang berjumlah 35 orang siswa, yang terdiri 20 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan klasikal sebesar 66%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 91%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 25% pada ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Biro Kelas V pada Pembelajaran IPS. Kata kunci ; Problem Based Learning, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPAS |