Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE (INTERACTIVE SCIENCE PROBLEM SOLVER) PADA MATA PELAJARAN IPAS BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
Nama: MAR’ATUL AFIFAH
Tahun: 2025
Abstrak
Mar’atul Afifah, 2025. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Articulate Storyline (Interactive Science Problem Solver) Pada Mata Pelajaran IPAS Bagi Siswa Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Azizah, S.Si., M.Pd (2) Asriani, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis problem based learning berbantuan articulate storyline (Interactive Science Problem Solver) pada mata pelajaran IPAS bagi siswa sekolah dasar untuk fase C kelas V. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian dan pengembangan Sugiyono dengan dibatasi 7 tahapan. Subjek pada penelitian ini yaitu kelompok kecil sebagai sampel yang terdiri dari 6 orang siswa kelas VA SD Inpres Perumnas. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, lembar validasi dan instrumen penilaian kepraktisan pengguna. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai validasi ahli media sebesar 73,34?ngan kriteria valid, rata-rata nilai validasi ahli materi sebesar 87,97 dengan kriteria sangat valid, rata-rata nilai validasi ahli bahasa sebesar 92,98?ngan kriteria sangat valid dan rata-rata nilai validasi ahli konten sebesar 100?ngan kriteria sangat valid. Peneliti memperoleh rata-rata nilai uji validasi ahli sebesar 88,6?ngan kriteria sangat valid. Sedangkan rata-rata nilai kepraktisan pengguna siswa sebesar 97,8?ngan kriteria sangat praktis dan rata-rata nilai kepraktisan pengguna guru sebesar 97,5 dengan kriteria sangat praktis. Sehingga peneliti memperoleh rata-rata nilai uji kepraktisan pengguna yaitu sebesar 97,65?ngan kriteria sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif interactive science problem solver pada materi sistem pencernaan pada manusia yang dikembangkan telah valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran IPAS di kelas VA Sekolah Dasar. Multimedia ini dapat memotivasi siswa untuk belajar, karena penyajiannya sangat menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Kata Kunci:Multimedia Interaktif, Problem Based Learning, Articulate Storyline, Interactive Science Problem Solver, dan Pembelajaran IPAS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up