Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Lasoani.
Nama: ANINDYA LONIKA LAGANTONDO
Tahun: 2025
Abstrak
Anindya Lonika Lagantondo, 2025. “Pengaruh Media Pembelajaran PopUp Book Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Lasoani”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Rizal (2) Muhammad Aqil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Pop-Up Book terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres 2 Lasoani. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media Pop-Up Book dan kelas kontrol yang menggunakan metode ekspositori berbantuan media buku. Hasil post-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,25, sedangkan kelas kontrol memperoleh ratarata nilai 68,5. Hasil analisis data menggunakan uji Independent Sample TTest menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,022 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran Pop-Up Book terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Dengan demikian, media Pop-Up Book dapat dijadikan alternatif inovatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci: Pop-Up Book, hasil belajar, Bahasa Indonesia,Pembelajaran Inovatif

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up