JudulHUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD INPRES 1 BIROBULI |
Nama: NATASYA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Natasya, 2025. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV B Pada Mata Pelajaran IPAS di SD Inpres 1 Birobuli”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Andi Imrah Dewi (2) Nurul Fitriah Aras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV B di SD Inpres 1 Birobuli. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 23 siswa, data dikumpulkan melalui angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial berupa korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor rata-rata kompetensi pedagogik guru sebesar 63,70?ngan kategori “baik”, dari 23 sampel diperoleh nilai terendah 53 dan nilai tertinggi 73, sedangkan untuk hasil belajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,13?ngan kategori “tinggi”. Dari 23 sampel diperoleh nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 90. Berdasarkan analisis korelasi Pearson Product Moment menunjukkan nilai r = 0,861 dengan p = 0,001 (p < 0,05), yang berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa. semakin baik kompetensi pedagogik guru, maka semakin tinggi hasil belajar siswa. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPAS, Siswa SD |