JudulHUBUNGAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VB DI SD INPRES 1 BIROBULI |
Nama: YANA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Yana, 2025. Hubungan Minat Baca terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VB di SD Inpres 1 Birobuli. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing: (1) Andi Imrah Dewi (2) Nurul Fitriah Aras Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat baca terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VB SD Inpres 1 Birobuli Tahun Ajaran 2024/2025, dengan jumlah subjek sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur minat baca siswa, serta dokumentasi nilai UTS untuk mengukur hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata minat baca siswa sebesar 61,87% (kategori tinggi), dan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,70% (kategori baik). Hasil analisis korelasi menunjukkan nilai r hitung = -0,048 dan r tabel = 0,361, sehingga r hitung < r tabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar siswa, artinya minat baca bukan satu-satunya faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa. Kata kunci: Minat Baca, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Siswa SD |