Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIAGAMBAR PADAPESERTADIDIK KELAS IV SDN 8 MAMBORO
Nama: PUTRI AMELIA
Tahun: 2025
Abstrak
Putri Amelia, 2025. ”Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 8 Mamboro”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing, (1) Sinta Satria Dewi Pendit, S.Pd., M.Pd (2) Surahman, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 8 Mamboro. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang pada hakikatnya merupakan penelitian yang sengaja dimunculkan di kelas, dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Penelitian ini mengikuti model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 8 Mamboro, tahun ajaran 2024/2025 dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV yang berjumlah 29 orang. Adapun teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah Non Tes dan Tes. Pengumpulan data non tes berupa Observasi, dan Dokumentasi. Sedangkan pengumpulan data Tes melalui tes pilihan ganda (PG). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses kegiatan pembelajaran dengan Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media gambar dalam pembelajaran IPAS dikelas IV pada siklus I, memperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 61,75% yang meningkat dari pelaksanaan Pra Tindakan yang memperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 42,5%. Adapun perolehan peningkatan yang didapatkan dari Pra tindakan ke siklus I adalah 19,25%. Selanjutnya pada tahapan siklus ke II, peningkatan hasil belajar peserta didik semakin terlihat signifikan, dimana hasil presentase ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh sebesar 90,75%, yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II sebesar 29%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media gambar terhadap peserta didik kelas IV di SDN 8 Mamboro dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Media Gambar, Hasil Belajar, IPAS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up