Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SDN INPRES 1 BIROBULI
Nama: NURUL RISKITA
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPAS di SDN inpres 1 birobuli. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar sebagai variabel bebas sedangkan Variabel terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data; Observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan analisis deskriptif motivasi belajar siswa kelas III SDN Inpres I Birobuli, terdapat 15 siswa atau 58% sangat setuju dengan pernyataan terkait motivasi belajar, sementara 11 siswa atau sekitar 42% menyatakan setuju. Hal ini menunjukan bahwa motivasi belajar siswa tidak berhubungan dengan hasil belajar siswa karena siswa yang menyatakan setuju terbukti bisa mendapatkan nilai hasil belajar yang tinggi, dan sebaliknya bagi siswa yang memilih sangat setuju tetapi nilai hasil belajarnya sedang. Berdasarkan analisi inferensial, diperoleh r hitung dikonsuktasikan ke r table dengan jumlah sampel 26 dan taraf kepercayaan maka diperoleh r table yaitu 0,072 sehingga r hitung < r table atau 0,072 < 27.42111. Berdasarkan data penelitian kualitatif, jika r hitung < r table maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa Ha yang diajukan dalam penelitian ini ditolak dan Ho diterima atau dapat dikatakan bahwa tidak ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas III pada mata Pelajaran IPAS di SDN Inpres I Birobuli.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up