JudulANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS III DI SDN 1 PARIGI |
Nama: MUNIFA SAID |
Tahun: 2025 |
Abstrak Munifa Said, 2025. “Analisis Kreativitas Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS kelas III di SDN 1 Parigi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Sinta Satria Dewi Pendit (2) Sisriawan Lapasere. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas III di SDN 1 Parigi.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara guru dan siswa Kelas III serta dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu guru IPAS dan 8 siswa di kelas III SDN 1 Parigi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas III materi Budaya di Indonesia di antaranya guru menunjukkan kreativitas dengan mengoptimalkan buku LKS melalui visualisasi materi, diskusi mendalam tentang konsep budaya, kontekstualisasi agar relevan dengan pengalaman siswa dan adaptasi metode pembelajaran sesuai gaya belajar siswa. Meskipun fasilitas terbatas, dalam merancang strategi beliau menggunakan pendekatan kontekstual dengan menggali pengalaman siswa dan menciptakan pembelajaran yang menarik melalui contoh konkret. Guru juga memvariasikan metode seperti ceramah, tanya jawab, dan diskusi, serta menggunakan ice breaking dan tebak-tebakan untuk menjaga fokus siswa. Kreativitas Guru juga terlihat dalam pengelolaan kelasnya, beliau menciptakan suasana belajar yang ceria dengan membangun rasa saling percaya dan menghargai di antara siswa, serta menata ruang kelas agar nyaman untuk belajar. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Kesulitan Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPAS |