Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN 1 Kolaka
Nama: ANNA THASYA PATEWA
Tahun: 2025
Abstrak
Anna Thasya Patewa, 2025. “Pengaruh Media Pembelajaran Ular tangga Terhadap Hasil belajar matematika siswa Kelas II SDN 1 Kolaka”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Zulnuraini (2) Sinta Satria Dewi Pendit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran ular tangga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 1 Kolaka. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain preeksperimental tipe one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian pretest, perlakuan menggunakan media ular tangga, dan pemberian posttest. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan bantuan IBM SPSS Statistic versi 27. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 14 siswa. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest adalah 55 dan nilai rata-rata posttest adalah 85,36. Hasil uji N-gain menunjukkan peningkatan skor sebesar 0,7028 dengan kategori tinggi dan presentase 70,28?ngan kriteria cukup efektif. Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal. Pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran ular tangga terhadap hasil belajar matematika siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ular tangga efektif dan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 1 Kolaka. Kata Kunci : Media Pembelajaran Ular Tangga, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Matematika.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up