JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI SDN 2 TALISE |
Nama: GUSTI AYU MADE RISMAWATI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Gusti Ayu Made Rismawati, 2024. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik di SDN 2 Talise. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dr. Zulnuraini, S.Pd., M.Pd., (2) Sinta Satria Dewi Pendit, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) adapun jumlah siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu sebanyak 22 orang siswa.Instrumen yang digunakan adalah tes essay yang telah diuji validitas dan reabilitasnya serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif yaitu berupa angka dari hasil tes akhir kegiatan belajar siswa dan analisis kuantitatif yaitu berupa penjelasan atau penjabaran dari hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan selama 2 siklus menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Nilai tes awal siswa atau pre-test adalah 4,5% presentase ketuntasan klasikal dan 42?ya serap individu. Setelah di lakukan tindakan pada siklus I hasil post-test siklus I menunjukan daya serap siswa sebesar 79?n ke tuntasan belajar sebesar 73%. Pada siklus dua daya serap siswa 91?n ketuntasan belajar siswa 100% artinya 22 dari 22 siswa telah mencapai nilai sesuai KKM yang di tentukan. Peningkatan hasil beajar ini terlihat jelas dari hasil pre-test ke post-test mengalami peningkatan, dari siklus I ke siklus II juga terlihat jelas adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu daya serap pada siklus I ke siklua II meningkat sebesar 12?n ke tuntasan belajar dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 27%. Dengan demikian penelitian ini di katakan berhasil karena adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah di lakukan tindakan dengan menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Matematika Realistik, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematik |