JudulIMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS III SDN 1 SILANCA |
Nama: ELTIKA ROSMAYATI MOSIEWA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Eltika Rosmayati Mosiewa, 2025. “Implementasi Strategi Pembelajaran Kolaboratif Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas III SDN 1 Silanca” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Zulnuraini (2) Sinta Satria Dewi Pendit. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi pembelajaran kolaboratif dalam Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk siswa kelas tiga di SDN 1 Silanca. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan guru dan siswa sebagai informan. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran kolaboratif meningkatkan keterlibatan, pemahaman, dan interaksi sosial siswa. Guru memainkan peran penting sebagai fasilitator dengan merancang kelompok siswa yang heterogen, mengelola dinamika kelas, dan memberikan bimbingan dan umpan balik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menunjukkan peningkatan pemikiran kritis, partisipasi aktif, saling menghormati, dan tanggung jawab dalam kegiatan kelompok. Strategi kolaboratif juga mendukung pembelajaran kontekstual dan bermakna, sejalan dengan karakteristik peserta didik sekolah dasar dan tujuan Kurikulum Mandiri. Meskipun beberapa tantangan seperti keterbatasan waktu dan partisipasi kelompok yang tidak merata, strategi ini terbukti efektif dalam menumbuhkan lingkungan belajar yang inklusif dan dinamis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kolaboratif secara sistematis berkontribusi secara signifikan terhadap kualitas pendidikan sains dan perkembangan siswa di lingkungan sekolah dasar. Kata kunci: Pembelajaran Kolaboratif, IPAS, pendidikan dasar, kerja kelompok, partipasi siswa. |