JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SD INPRES KABONENA |
Nama: RISMA NUR ARDIANA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Risma Nur Ardiana, 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SD Inpres Kabonena”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Rizal (2) Pahriadi. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di SD Inpres Kabonena. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif , metode penelitian yang digunakan adalah Pre eksperimen Design dengan desain penelitian One Group Pretest – Posttest. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk soal pilihan ganda, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, dan uji N-Gain, dan uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-Test berbantuan program IBM SPSS Statistic versi 27. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikan T-test 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa, di mana nilai rata-rata sebelum perlakuan (pretest) adalah 36,80, sedangkan setelah perlakuan (posttest) meningkat menjadi 79,80. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Wordwall berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di SD Inpres Kabonena. Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Aplikasi Wordwall layak dipertimbangkan sebagai solusi alternatif untuk pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Wordwall, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPAS. |