JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SDN OGOGASANG |
Nama: NUR RESKI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nur Reski, 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SDN Ogogasang.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Dr. Arif Firmansyah, S.Pd., M.Pd, (2) Surahman, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran ProjectBased Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SDN Ogogasang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini yakni Pre Eksperimental Design dengan One-Group Pretest dan Posttest Design. Sampel penelitian ini berjumlah 18 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Pengambilan data dilakukan dengan tes berbentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal yang telah valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample t-Test berbantuan IBM SPSS versi 27. Sebelum diberikan perlakuan, nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 31,67. Sementara itu, setelah diberikan perlakuan, rata-rata hasil belajar siswa menjadi 76,39. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan menggunakan uji Paired Sample t-Test dengan taraf nyata ? = 0,05 diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) sebesar <0,001. Sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan bahwa <0,001 < 0,05, maka Ha diterima Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn kelas IV SDN Ogogasang. Kata Kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar, Mata Pelajaran PKn |