JudulPengaruh Model Pembelajaran Contextual Teacing And Learning (CTL) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas IV SD Inpres Bumi Sagu |
Nama: ULFA ANJELIKA WOROALO |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ulfa Anjelika Woroalo, 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres Bumi Sagu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Sarintan N. Kaharu (2) Nuraini Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Inpres Bumi Sagu. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen Research) dengan deesain Nonequivalent (Pretest Dan Posttest) Control Grup Design. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa, yang terdiri atas 30 siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media audio visual dan 30 siswa kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes berbentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 20 soal yang telah valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sampel T -Test berbantuan SPSS versi 30. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari uji Independent Sampel T-Test yang menunjukan nilai signifikan Independent Sampel T-Test 2-tailed p adalah 0,001. Hasil uji T-Test tersebut menunjukan bahwa nilai signifikansi 2-tailed p < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL)) berbantuan media audio visual efektif dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Inpres Bumi Sagu. Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media audio visual layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. |