JudulEFEKTIVITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUANARTICULATE STORYLINE (INTERACTIVE SCIENCE PROBLEM SOLVER) UNTUK MENGUATKANKETERAMPILAN COLLABORATION SISWA KELAS VA SD INPRES PERUMNAS |
Nama: NUR'IZZANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nur’Izzani, 2025. Efektivitas Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Articulate Storyline (Interactive Science Problem Solver) Untuk Menguatkan Keterampilan Collaboration Siswa SD Kelas V A SD Inpres Perumnas. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Azizah, S.Si., M.Pd (2) Asriani, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat keefektifan penggunaan multimedia interaktif berbasis problem based learning berbantuan articulate storyline (interactive science problem solver) untuk menguatkan keterampilan collaboration siswa kelas V A SD Perumnas. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One group pre-test and post-test design yang menggunakan satu kelas eksperimen dengan pemberian perlakuan pengajaran menggunakan multimedia interaktif. Populasi pada penelitian ini adalah kelas V A SD Inpres Perumnas. Sampel yang diambil yaitu kelas V A dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur keterampilan kolaborasi siswa berupa angket pre-test dan post-test keterampilan kolaborasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis inferensial yang dilakukan dengan uji prasyarat dan uji hipotesis Wilcoxon signed ranks untuk mengetahui perbedaan antara hasil data sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil dari penelitian ini diketahui nilai signifikan Wilcoxon signed ranks adalah 0,005. Karena nilai signifikan t-test < 0,05 (0,005 < 0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada multimedia interaktif berbasis problem based learning berbantuan articulate storyline (interactive science problem solver) (X) efektif untuk menguatkan keterampilan collaboration (Y) siswa kelas V A SD Inpres Perumnas. Kata Kunci: Efektivitas, Articulate Storyline, Interactive Science Problem Solver, Keterampilan Collaboration |