JudulIMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BERORIENTASI HOTS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SD DARUD DAKWAH WAL-IRSYAD PALU |
Nama: SYAFAAT |
Tahun: 2025 |
Abstrak Syafaat, 2025. Judul Skripsi: Implementasi Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Berorientasi HOTS Berbasis Kearifan Lokal di SD Darud Dakwah Wal-Irsyad Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing I Rizal, dan Pembimbing II Surahman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen kelas dalam pembelajaran yang berorientasi pada HOTS berbasis kearifan lokal di Sekolah Dasar Darud Dakwah Wal-Irsyad Palu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan subjek penelitian siswa dan guru kelas V SD Darud Dakwah Wal-Irsyad Palu. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, dan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator pada penelitian ini yaitu: (1) Menganalisis kemampuan pengelolaan kelas guru yang memungkinkan siswa memiliki kemampuan analisis, (2) Menganalisis pengelolaan kelas guru yang memungkinkan siswa memiliki kemampuan evaluasi, (3) Menganalisis pengelolaan kelas guru yang memungkinkan siswa memiliki kemampuan kreatif, dan (4) Menganalisis kemampuan guru memanfaatkan kearifan lokal pada pembelajaran berorientasi HOTS. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, implementasi manajemen kelas dalam pembelajaran berorientasi HOTS berbasis kearifan lokal masih terhambat oleh rendahnya tingkat pemahaman guru terhadap pembelajaran HOTS, perbedaan karakteristik belajar siswa, belum diterapkannya prinsip-prinsip manajemen kelas yang efektif, dan masih rendahnya kemampuan inovasi guru, serta belum diimplementasikan secara optimal dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Pembelajaran HOTS, dan Kearifan Lokal |