Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 9 Mamboro
Nama: WILDANI
Tahun: 2025
Abstrak
Wildani, 2025. ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 9 Mamboro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing, (1) Dr. Yusdin Bin. M. Gagaramusu, Lc., M.Ed (2) Sisriawan Lapasere, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 9 Mamboro. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang pada hakikatnya merupakan penelitian yang sengaja dimunculkan di kelas, dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Penelitian ini mengikuti model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 9 Mamboro, tahun ajaran 2024/2025 dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa. Adapun teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah Non Tes dan Tes. Pengumpulan data non tes berupa Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Sedangkan pengumpulan data Tes melalui tes pilihan ganda (PG). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses kegiatan pembelajaran dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dalam pembelajaran IPAS dikelas IV pada siklus I, memperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 69,56% yang meningkat dari pelaksanaan Pra Tindakan yang memperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 56,52%. Adapun perolehan peningkatan yang didapatkan dari Pra tindakan ke siklus I adalah 13,04%. Selanjutnya pada tahapan siklus ke II, peningkatan hasil belajar siswa semakin terlihat signifikan, dimana hasil presentase ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh sebesar 87,39%, yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17,83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap siswa kelas IV di SD Negeri 9 Mamboro dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Hasil Belajar, IPAS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up