Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS IV SDN 15 PALU
Nama: MARSELA
Tahun: 2025
Abstrak
Marsela, 2025. “Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas IV SDN 15 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Dr. Arif Firmansyah (2) Sisriawan Lapasere. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas IV SDN 15 Palu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A Tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 25 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes Pretest dan Posttest. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas IV SDN 15 Palu, diperoleh hasl nilai uji hipotesis paired sample T-Test Sig. (2 Tailed) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya hipotesis alternatif (Ha) yaitu model project based learning (PJBL) efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 15 Palu diterima. Sedangkan hipotesis nol (Ho) yaitu model project based learning (PJBL) tidak efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 15 Palu ditolak. Peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa model project based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 15 Palu. Kata kunci: model project based learning (PJBL), Berpikir kritis, Mata pelajaran PPKN

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up