JudulPengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 1 Baiya |
Nama: NOVA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Nova, 2025. Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas IV SDN 1 Baiya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: (1) Dr. Arif Firmansyah S.Pd ., M.Pd (2) Sisriawan Lapasere S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pengunaan model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap hasil belajar ipas siswa kelas IV SDN 1 Baiya. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimental design dengan bentuk one group pre-test dan post-test design yang menggunakan 1 kelas eksperimen dengan pemberian perlakuan pengajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IV SDN 1 Baiya. Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Instrumen penelitan yang digunakan untuk mengkur hasil belajar siswa berupa soal per-test dan post-test hasil belajar siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan metode statistic deskriptif. Sebelum diberikan perlakuan, hasil belajar siswa rata-rata 45,09. Sementara setelah adanya perlakuan nilai rata-rata hasil belajar siswa siswa menjadi 80.23. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan menggunakan Paired Sampel T-Test dengan taraf nyata ? = 0,05 diperoleh nilai sig. (2-Tailed) sebesar 0,000. Sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan bahwa 0, 000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar ipas siswa kelas iv sdn 1 baiya. Kata Kunci: Problem Based Learning, hasil belajar, IPAS, siswa sekolah dasar. |