JudulEFEKTIVITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE (MATHPRO) UNTUK MENGUATKAN CREATIVITY SISWA KELAS III SD INPRES LOLU |
Nama: IKA YUSNAH SYAM |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ika Yusnah Syam, 2025. “Efektivitas Multimedia Interaktif Problem Based Learning Berbantuan Articulate Storyline (Mathpro) Untuk Menguatkan Creativity Siswa Kelas III SD Inpres 6 Lolu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Azizah, S.Si., M.Pd (2) Asriani, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifitasan multimedia interaktif Problem Based Learning berbantuan Articulate Storyline (Mathpro) untuk menguatkan Creativity siswa kelas III SD Inpres 6 Lolu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas III A tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 26 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket Creativity siswa. Berdasarkan hasil penelitian mengenai efektivitas multimedia interaktif Problem Based Learning Berbantuan Articulate Storyline (Mathpro) Untuk Menguatkan Creativity Siswa Kelas III SD Inpres 6 Lolu, diperoleh hasil nilai uji Hipotesis Paired Smple T-Test Sig. (2-Tailed) 0,000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya hipotesis alternatif (Ha) yaitu Multimedia interaktif Problem Based Learning berbantuan Articulate Storyline (Mathpro) efektif untuk menguatkan keterampilan Creativity siswa kelas III SD Inpres 6 Lolu diterima. Sedangkan hipotesis nol (Ho) yaitu Multimedia interaktif Problem Based Learning berbantuan Articulate Storyline (Mathpro) tidak efektif untuk menguatkan keterampilan Creativity siswa kelas III SD Inpres 6 Lolu ditolak. Peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa multimedia interaktif (Mathpro) efektif dalam menguatkan Creativity siswa kelas III SD Inpres 6 Lolu. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Mathpro, Problem Based Learning, Articulate Storyline, Creativity. |