Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Antara Kelengkapan Sarana Dan Prasarana Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tolisu
Nama: YUYUN LESTARI
Tahun: 2025
Abstrak
Yuyun Lestari, 2025. “Hubungan antara Kelengkapan Sarana dan Prasarana dengan Prestasi Belajar Siwa Kelas V SD Negeri 1 Tolisu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Dr. Yusdin Bin. M. Gagaramusu, Lc., M.Ed. (2) Nuraini, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kelengkapan sarana dan prasarana sekolah dengan prestasi belajar siswa kelas V di SD Negeri 1 Tolisu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 27 orang. Data mengenai kelengkapan sarana dan prasarana dikumpulkan melalui angket, sementara data prestasi belajar diperoleh dari dokumentasi nilai rapor siswa. Analisis data dilakukan menggunakan teknik korelasi product moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kelengkapan sarana dan prasarana dengan prestasi belajar siswa, dengan nilai rhitung = 0,623 dan rtabel = 0,381 pada taraf signifikansi 5%. Selain itu, uji t menunjukkan thitung = 4,133 > ttabel = 1,703, yang memperkuat adanya hubungan positif tersebut. Temuan ini menegaskan bahwa sarana dan prasarana yang memadai berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Implikasinya, pemenuhan dan pengelolaan sarana prasarana perlu menjadi prioritas dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar. Kata kunci: Hubungan, Sarana dan Prasarana, Prestasi Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up