JudulAnalisis Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas IV SDN 6 Sindue |
Nama: GIAN ADITYA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Gian Aditya, 2025. “Analisis strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa kelas IV di SDN 6 Sindue”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dr. Arif Firmansyah (2) Muchdar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa kelas IV SDN 6 Sindue. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memanfaatkan berbagai strategi, termasuk perilaku keteladanan, pembiasaan berdiskusi, pembelajaran mandiri, dan pengkondisian lingkungan, untuk menanamkan nilai-nilai karakter utama seperti disiplin, kreativitas, kemandirian, dan kepedulian lingkungan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai disiplin dan peduli lingkungan dikembangkan dengan baik melalui pemodelan dan kegiatan rutin. Sementara itu, strategi untuk menumbuhkan kreativitas dan kemandirian memerlukan penguatan lebih lanjut, karena beberapa siswa masih kurang percaya diri dan inisiatif. Penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat, termasuk lingkungan keluarga, lingkungan sosial, dan disposisi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi guru sangat penting dalam membentuk karakter siswa dan merekomendasikan peningkatan kolaborasi antara sekolah dan orang tua untuk memperkuat pendidikan karakter secara efektif. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Strategi Guru, Disiplin, Kreativitas, Kemandirian, Peduli Lingkungan . |