Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS IV SDN 1 SINDUE
Nama: NUR VATHATULJANAH
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran PPKn kelas IV SDN 1 Sindue. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil pre-test, di mana hanya 41,37% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa dari kategori “baik” menjadi “amat baik”. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan, dari 41,37% pada pra tindakan menjadi lebih dari 85% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran CTL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Oleh karena itu, model CTL dapat dijadikan alternatif pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna di sekolah dasar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up