JudulANALISIS IMPLEMENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR ABAD 21 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SDN 2 TAMBARANA |
Nama: ASTI ANASTASYA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Asti Anastasya, 2025. “ Analisis Implementasi Keterampilan Berpikir Abad 21 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas V Sdn 2 Tambarana ”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Arif Firmansyah (2) Muchdar.7 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi keterampilan Abad 21 pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui model pembelajaran Problem Based Learning di kelas V SDN 2 Tambarana. Metode penelitian yang digunakan adalah descriptive kualitatif dengan subject yaitu guru wali kelas V dan siswa kelas v. Instrumen dalam penelitian ini adalahlembar observasi, pedoman wawancara, dan studi dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis qualitiatif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah mengimplementasi keterampilan berpikir abad 21 melalui model Problem Based Learning (PBL) telah diterapkan dengan baik, ditandai oleh keterlibatan aktif siswa dan pelaksanaan pembelajaran oleh guru yang optimal. Secara kualitatif, wawancara mendalam menunjukkan bahwa siswa mampu berpikir kritis dalam mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi, menunjukkan kreativitas melalui ide-ide unik, serta mulai terbiasa menyampaikan pendapat dan bekerja sama dalam kelompok. Meskipun terdapat beberapa tantangan dalam pelaksanaan diskusi kelompok. Guru sebagai fasilitator mampu membimbing pembelajar sehingga berlangsung dengan kondusif. Temuan ini menguatkan bahwa model PBL relevan diterapkan dalam pembelajaran abad 21 karena tidak hanya meningkatkan kompetensi kognitif, tetapi juga membentuk karakter dan sikap sosial yang mendukung profil pelajar Pancasila. Kata kunci: Problem Based Learning, keterampilan abad 21, Pendidikan Pancasila, sekolah dasar |