JudulPengaruh Pemanfaatan Media Animasi Pada Pembelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Al-Khairaat Mamboro |
Nama: AULIA SABRINA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Aulia Sabrina, 2025. Judul skripsi: Pengaruh Pemanfaatan Media Animasi Pada Pembelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Al-Khairaat Mamboro. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing 1 Arif Firmansyah Dan Pembimbing II Surahman Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media animasi pada pembelajaran IPAS terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Al-khairaat Mamboro, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV ajaran 2024/2025 berjumlah 20 orang. Sampel yang digunakan yaitu kelas IV SD Alkhairaat Mamboro yang berjumlah 20 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik penarikan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, lemar observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif fan inferensial. Dengan hasil yang diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 54,00 dan nilai posttest yaitu 74,25 berdasarkan hasil penelitian mengenai Pengaruh Pemanfaatan Media Animasi pada pembelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Alkhairaat Mamboro peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa Terdapat Pengaruh Pemanfaatan Media Aninuasi pada pembelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar siswa Kelas IV SD Alkhairaat Mamboro hal ini dituunjukkan oleh perhitungan menggunakan jasa computer SPSS versi 23 dimana nilai sig (2-tailed) 0,0000,05 sehingga hipotesis Ho ditolak dan menerima Ha. Artinya terdapat pengaruh pemanfaatan media animasi pada pembelajaran IPAS terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Alkhairaat Mamboro. Kata Kunci: Media Animasi, Hasil Belajar, IPAS |