Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DIKELAS IV SDN BEKA
Nama: ARTINA SARAS BULAN
Tahun: 2025
Abstrak
Artina Saras Bulan, 2025. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Di Kelas IV SDN Beka. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing , (1) Dr. Artif Firmansyah , S.Pd.,M.Pd (2) Sisriawan Lapasere, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN Beka. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa yang terlihat dari pre-tes, di mana hanya 41,6% siswa yang mencapai Ketuntaasan Minimum (KKM). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 24 siswa, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa ketuntasan belajar klasikal mencapai 62,5%. Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal yaitu 83,3%. Berdasarkan presentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN Beka. Kata kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, IPAS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up