Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres Moutong Barat
Nama: GITA ANGGIANA L.MUDIN
Tahun: 2025
Abstrak
Gita Anggiana L. Mudin, 2025. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres Moutong Barat. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu pendidikan, Universitas Tadulako Palu. Dosen pembimbing (1) Dr. Arif Firmansyah, S.Pd., M.Pd (2) Muchdar, M.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Inpres Moutong Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design dengan satu kelompok eksperimen tanpa kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 siswa kelas IV SD Inpres Moutong Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen tes berupa soal preetest dan posttest digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial. Dengan hasil yang di peroleh nilai rata-rata pretest sebesar 49,72, dan sebesar 79,56 pada Posttest. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran index card match terhadap hasil belajar IPAS. Hal ini ditunjukan dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis Paired Sample T-test dengan berbantuan SPSS 27. Dimana menunjukan taraf signifikan 5% (0,05) Di peroleh nilai signifikan <0,001 karna nilai signifikan T.-Test di peroleh <0,001 maka Ha di terima dan Ho di tolak artinya terdapat pengaruh pengggunaan model pembelajaran index card match terhadap hasil belajar IPAs siswa kelas IV SD Inpres Moutong Barat. Nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar < 0,001. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Index Card Match berpengaruh signifikan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV. Model ini dapat digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan dalam pembelajaran IPAS. Kata Kunci: Model Index Card Match, Hasil Belajar, IPAS, One-Group Pretest-Posttest

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up