JudulPengaruh Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Di Kelas IV SDN 15 Palu |
Nama: ELSA NOFERLIN SALUA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Elsa noverlin salua, 2025. “pengaruh pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pkn di kelas IV sekolah dasar sdn 15 palu”. Skripsi. Program studi Pendidikan guru sekolah dasar, jurusan ilmu Pendidikan, universitas tadulako. Pembimbing (1) Dr. Arif Firmansyah S.Pd., M.Pd (2) muchdar S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pkn di SDN 15 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah one-group Pretest-posttest design dengan satu kelompok eksperimen tanpa kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen tes berupa soal Pretest dan posttest digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode pembelajaran. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial. Dengan hasil yang di peroleh nilai rata-rata Pretest sebesar 52,45, dan sebesar 77,77 pada Posttest . Dengan pengujian hipotesis menggunakan analisis Paired Sample T-test dengan berbantuan SPSS 30. Dimana menunjukan taraf signifikan 5% (0,05) Di peroleh nilai signifikan <0,001 karna nilai signifikan T,-Test di peroleh <0,001 maka Ha di terima dan Ho di tolak artinya terdapat pengaruh pengggunaan metode pembelajaran pendekatan Culturally Responsive Teachingterhadap hasil belajar PKN pada siswa kelas IV SDN 15 palu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran pendekatan Culturally Responsive Teaching terhadap hasil belajar PKN pada siswa kelas IV. Metode ini dapat digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan dalam pembelajaran PKN. Kata kunci :Pendekatan Culturally Responsive Teaching, Hasil Belajar, PKN, Siswa Sekolah Dasar. |