JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 6 SINDUE |
Nama: AINUR RAHMA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Ainur Rahma, 2025. "Pengaruh model pembelajaran Problem Based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 6 Sindue". Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dr. Arif Firmansyah, S.Pd., M.Pd (2) Sisriawan Lapasere S.Pd., M.Pd. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan pengaruh IPAS dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kelas IV SDN 6 Sindue. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Dengan desain penelitian Pre-Experimental tipe One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 6 Sindue, yang berjumlah 19 siswa yang terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji paired sample t-test, dan uji normalized gain (N-Gain) dengan bantuan IBM SPSS Statistics 25. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran Problem Based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 6 Sindue, diperoleh hasil nilai uji Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor pretest sebesar 46,32 dan rata-rata posttest meningkat menjadi 77,37. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest. Selain itu, nilai N-Gain sebesar 0,6189 tergolong sedang. Temuan ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Oleh karena itu, model PBL. dapat direkomendasikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran di sekolah dasar untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, IPAS |