Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PjBL BERBASIS STEAM DENGAN TEKNIK ECOPRINT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA KELAS V DI SD NEGERI TONDO
Nama: NUR ILMA
Tahun: 2025
Abstrak
Nur Ilma, (2025). Penerapan Model PjBL Berbasis STEAM Dengan Teknik Ecoprint Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Rupa Di Kelas V SD Negeri Tondo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing 1: Andi Imrah Dewi, Pembimbing 2 : Kadek Hariana, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran Seni Rupa melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) yang terintegrasi dengan pendekatan STEAM, menggunakan teknik ecoprint. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri Tondo pada tahun ajaran 2024/2025. yang terdiri dari 26 siswa, dengan rincian 18 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan kreativitas siswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I, tingkat ketuntasan klasikal dalam aspek kreativitas siswa mencapai 65,34%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 76,92%. Selain itu, aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas guru meningkat dari 61,81% pada siklus I menjadi 92,10% pada siklus II. Sementara itu, aktivitas siswa meningkat dari 61,53% menjadi 80,76%. Peningkatan kreativitas serta aktivitas guru dan siswa ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran PjBL berbasis STEAM yang dipadukan dengan teknik ecoprint. Model ini memungkinkan siswa untuk menciptakan proyek nyata melalui pendekatan lintas disiplin yang meliputi sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika. Pendekatan ini mendorong proses pembelajaran yang lebih aktif,kreatif, inovatif, dan menyenangkan, serta melatih siswa untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Proyek yang dihasilkan dalam pembelajaran ini adalah karya ecoprint sederhana, yang dibuat secara kolaboratif oleh siswa dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics. Kata kunci: Pendidikan Seni, model pembelajaran PjBL, Berbasis STEAM , Ecoprint dan Kreativitas.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up