Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Siswa Kelas V SDN 8 Mamboro Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)
Nama: SITTI RAHMA
Tahun: 2025
Abstrak
Sitti Rahma, 2025. Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Siswa Kelas VSDN 8 Mamboro Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project BasedLearning (PJBL). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FakultasKeguruan Dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I: Andi Imrah Dewi dan Pembimbing II: Kadek Hariana. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada matapelajaran Seni Budaya dengan menggunakan Model Pembelajaran Project BasedLearning (PJBL) di SDN 8 Mamboro. Penelitian ini merupakan PenelitianTindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara bersiklus. Subjek penelitian iniadalah siswa kelas V SDN 8 Mamboro sebanyak 20 siswa. Instrumen dalampenelitian ini yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa tes pratindakan menghasilkan nilai tertinggi70 dan terendah 30, dengan ketuntasan klasikal 5%. Pada siklus I, observasiaktivitas guru dalam 2 kali pertemuan mencapai 72?n 77,8% (Cukup) dansiswa 72,3?n 69,5% (Cukup), dengan ketuntasan klasikal 25%. Pada siklus IIaktivitas guru dalam 2 kali pertemuan meningkat menjadi 93,05?n 90,27%(Baik) dan siswa 93,05?n 94% (Baik), dengan ketuntasan klasikal 90?patdisimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PJBL)meningkatkan hasil belajar Seni Budaya siswa kelas V SDN 8 Mamboro. Kata Kunci: Hasil Belajar siswa, Pembelajaran Seni Budaya, Model Project BasedLearning (PJBL)

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up