JudulMeningkatkan Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Seni Rupa Menggunakan Teknik Kolase Di Kelas V SDN Tondo |
Nama: NURUL |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nurul,2025âMeningkatkanKreativitasPesertaDidikDalamPembelajaranSeni RupaDenganMenggunakanTeknikKolasediKelasVSDNTondoâ.Program StudiPendidikanGuruSekolahDasar,FakultasKeguruanDanIlmuPendidikan,JurusanIlmuPendidikan,UniversitasTadulako.PembimbingI:Dr.AndiImrah Dewi,S.Pd.,M.SndanPembimbingII:KadekHariana,S.Pd.,M.Pd. Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankreativitaspesertadidikdalam pembelajaransenirupamelaluipenerapanteknikkolase.Metodeyangdigunakan adalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakansecarabersiklus.Subjekdalampenelitianiniadalah25pesertadidikkelasVSDNTondo.Permaslahanutamayangdihadapiadalahrendahnyakreativitaspesertadidik dalamkegiatanpembelajaransenirupa,yangdisebabkanolehmetode pembelajaranguruyangmonotonsehinggamembuatpesertadidikmenjadipasif.Untukmengatasihaltersebut,digunakanpendekatanpembelajaranyang menyenangkan,eksploratif,danpartisipatifdenganteknikkolasesebagaistarategi utama.Hasilpenelitianmenunjukanbahwaadanyapeningkatankreativitasyang signifikandarisiklusIkesiklusII,denganpresentasemeningkatdari60%(KategoriCukup)menjadi92%(KategoriSangatBaik).Berdasarkanhasil penelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanteknikkolaseefektifdalam meningkatkankreativitaspesertadidik. Katakunci:TeknikKolase,Kreativitas,PembelajaranSeniRupa |