Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran SBdP Di Kelas III SDN 1 Tatura
Nama: ASMAH A
Tahun: 2025
Abstrak
Asmah A, 2025. “Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran SBDP Di Kelas III SDN 1 Tatura”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing (1) Andi Imrah Dewi (2) Kadek Hariana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran SBdP di kelas III SDN 1 Tatura. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III dan 28 siswa SDN 1 Tatura. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi telah diterapkan oleh guru dalam tiga aspek utama, yaitu konten, proses, dan produk. Diferensiasi konten dilakukan dengan penyampaian materi melalui berbagai media pembelajaran. Diferensiasi proses terlihat dari pembagian kelompok belajar berdasarkan minat dan gaya belajar peserta didik. Serta diferensiasi produk terlihat dari kebebasan peserta diidk dalam mengekspresikan hasil belajar sesuai dengan kemampuan masing-masing. Namun, dalam penerapannya belum sepenuhnya optimal. Hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu untuk melakukan refleksi pembelajaran serta kurangnya pemanfaatan teknologi dalam mendukung proses belajar mengajar. Meskipun demikian, penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar dan keterlibatan aktif peserta didik dalam pembelajaran SBdP. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran SBdP, Kurikulum Merdeka, Kelas III SD.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up