Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Penyebab Kesulitan Belajar PKN Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Watunonju
Nama: FARA FIDYA
Tahun: 2025
Abstrak
Fara Fidya, 2025. “Analisis Penyebab Kesulitan Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Watunonju”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing (1) Arif Firmansyah (2) Nurul Fitriah Aras. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada PKn kelas IV SD Inpres Watunonju. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 12 orang siswa kelas IV SD Inpres Watunonju dan guru kelas IV SD Inpres Watunonju. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab kesulitan belajar PKn pada siswa kelas IV SD Inpres Watunonju berasal dari faktor internal yang berarti faktor dari dalam diri siswa, antara lain masih kurangnya minat belajar siswa dalam peembelajaran PKn, kurangnya kecakapan mengikuti pembelajaran, dan siswa tidak percaya diri dalam mengikuti pembelajaran. Faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar diri siswa antara lain kurikulum yang kurang fleksibel, kurangnya bahan bacaan serta kurangnya penggunaan alat peraga dalam pembelajaran PKn. Kata kunci: Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran PKn, Siswa SD

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up