JudulPengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri Lasoani |
Nama: NURHALISA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) yang di dukung oleh media wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran bahaasa indonesia di SD Negeri Lasoani. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-test berbantuan IBM SPSS Statistic versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji Paired Sampel T-test pada taraf signifikan 5% (0.05) diperoleh nilai signifikan 0.000. Karena nilai signifikan T-test <0.05 (0.000 <0.05) maka Ha diterima dan Ho ditolak yang menunjukan bahwa pembelajaran di kelas dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media wordwall memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media wordwall efektif dan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa indonesia di SD Negeri Lasoani. Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Wordwall, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia |