| JudulIDENTIFIKASI MUATAN KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS V SD INPRES 1 BIROBULI |
| Nama: ERISKA |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Eriska, 2025. “Identifikasi Muatan Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran di Kelas V SD Inpres 1 Birobuli”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Herlina (2) Asriani. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi muatan kearifan lokal yang relevan, kendala guru,dan proses penerapannya di kelas V SD Inpres 1 Birobuli. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek guru dan 30 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kearifan lokal yang relevan meliputi bahasa daerah Kaili, kuliner tradisional, tradisi gotong royong, serta kerajinan dan seni lokal. Integrasinya terlihat di beberapa mata pelajaran, meski bergantung pada kreativitas guru. Kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan bahan ajar, minim pelatihan guru, perbedaan latar belakang siswa, dan kurangnya dukungan sumber belajar. Penerapan kearifan lokal sudah berlangsung, namun belum terstruktur dan konsisten, sehingga dukungan sekolah dan kurikulum diperlukan untuk optimalisasi. Kata kunci: Kearifan Lokal, Pembelajaran, Guru, Siswa SD |