JudulPenerapan Model Project Based Learning (PjBL) Melalui Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Rupa Di SD Negeri Lasoani |
Nama: WAHYUNI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) yang berorientasi pada kearifan lokal dalam mata pelajaran seni rupa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK) dengan desain Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian terdiri dari 23 siswa kelas V di SD Negeri Lasoani, yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Data dianalisis menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi kreativitas siswa. Hasil pra tindakan menunjukkan bahwa kreativitas siswa masih tergolong rendah. Pada siklus I, tingkat kreativitas siswa mencapai 60,86% (kategori kurang), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82,60% (kategori baik). Aktivitas siswa pada siklus I dan II masing-masing mencatat 52,17% (kategori kurang) dan 86,95% (kategori baik). Aktivitas guru juga mengalami peningkatan, dari 88,15% (kategori baik) pada siklus I menjadi 97,36% (kategori amat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) melalui kearifan lokal dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran seni rupa di SD Negeri Lasoani. Kata kunci: Project Based Learning (PjBL), kearifan lokal, kreativitas, siswa, seni rupa |