JudulPENGARUH BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS BOOK CREATOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI BEKA |
Nama: NAD'YA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan bahan ajar digital berbasis Book Creator terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V SD Negri Beka. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa akibat penggunaan bahan ajar yang kurang menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa yang dipilih dengan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis statistik menunjukan adanya peningkatan skor rata-rata pretest sebesar 47,50 menjadi 80,33 pada posttest. Uji paired sample t-test menunjukan nilai signifikansi < 0,001 (p < 0,05) yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan bahan ajar digital terhadap hasil belajar siswa. Nilai N-Gain sebesar 0,627 mengindikasikan efektivitas tinggi dalam meningkatkan hasil belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa bahan ajar digital berbasis Book Creator dapat menjadi alternatif yang efektif dalam mendukung pembelajaran IPAS di sekolah dasar. |