Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kesulitan Siswa Dalam Menentukan Ide Pokok Pikiran Pada Teks Bacaan Naratif Di Jelas IV SD Inpres 1 Birobuli
Nama: MA'SITA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Ma’sita, 2025, Analisis Kesulitan Siswa dalam Menentukan Ide Pokok Pikiran pada Teks Bacaan Naratif di Kelas IV SD Inpres 1 Birobuli. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univesitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. Herlina, S.Pd., M.Pd (II) Nuraini, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menentukan ide pokok pikiran pada teks bacaan naratif di kelas IV SD Inpres 1 Birobuli. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam membedakan kalimat utama dan penjelas, kesulitan memahami kosakata, dan kesulitan menyimpulkan ide pokok dari beberapa paragraf. Faktor penyebab kesulitan terdiri dari faktor internal seperti rendahnya kemampuan berpikir kritis, minimnya minat baca, serta rendahnya rasa percaya diri. Faktor eksternal meliputi metode pembelajaran yang kurang variatif, terbatasnya media pembelajaran, dan lingkungan belajar yang kurang mendukung. Guru berupaya mengatasi kesulitan siswa melalui penjelasan, ceramah, dan pemberian contoh, namun strategi pembelajaran masih perlu pengembangan agar lebih efektif dan interaktif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru untuk merancang strategi pembelajaran membaca yang lebih tepat sasaran. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Ide Pokok, Teks Naratif, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up