Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD INPRES 2 TANAMODINDI
Nama: NI KOMANG AYU NINGSIH
Tahun: 2025
Abstrak
Ni Komang Ayu Ningsih 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Inpres 2 Tanamodindi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Azizah, S.Si., M.Pd (2) Surahman, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Inpres 2 Tanamodindi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design dengan bentuk Non Equivalen Control Group Design yaitu desain memberikan pre-test sebelum dikenakan perlakuan serta post-test sesudah dikenakan perlakuan. Sampel penelitian ini berjumlah 50 orang siswa, yang terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan 25 siswa kelas kontrol yang menggunakan model Direct Intruction. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis dengan menggunakan uji Independet Sampel T-test dengan berbantuan program IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis Independent Sampel T-test nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS Kelas IV SD Inpres 2 Tanamodindi. Model pembelajaran Project Based Learning layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara siginifikan. Kata Kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPAS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up