Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Penggunaan Model Pembelajaran (TGT) Team Games Tournament Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Birobuli
Nama: NI KOMANG JULIWARTINI
Tahun: 2025
Abstrak
Ni Komang Juliwartini, 2025. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran (TGT) Team Games Tournament Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Birobuli. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (1) Azizah, S.Si., M.Pd (2) Surahman, S.Pd., M,Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (TGT) Team Games Tournament berbantuan media question box terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Birobuli. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen semu (Quasi Ekperiment Research) dengan desain Nonequivalent (Pretest and posttest) Control Group Deseign. Sampel penelitian ini berjumlah 48 siswa, yang terdiri dari 24 siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran (TGT) Team Games Tournament berbantuan media Queation Box dan 24 siswa dari kelas kontrol yang menggunakan model Direct Instruction berbantuan media audio visual. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa siswa berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 20 soal yang telah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sampel T-Test berbantuan SPSS versi 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran (TGT) Team Games Tournament berbantuan media Question Box Terhadap Hasil Belajar Siswa. Hal ini terlihat dari uji Independent Sampel T-Test 2-tailed p adalah 0,001. Hasil uji T-Test tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi 2-tailed p < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran (TGT) Team Games Tournament berbantuan media Question Box berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Inpres 1 Birobuli. Model (TGT) Team Games Tournament berbantuan media Question Box layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Kata Kunci: Model Pembelajaran (TGT) Team Games Tournament, Question Box, Hasil Belajar, Direct Instruction, Mata Pelajaran IPAS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up